Minggu, 16 Juni 2013

Soal Materi Pengangguran

Soal Essay Materi Pengangguran
Jawablah soal-soal berikut dengan benar!
1.Sebutkan 4 macam pengangguran dilihat dari penyebabnya dan berikan contohnya!
2.Sebutkan 5 dampak terjadinya pengangguran terhadap pembangunan nasional!
3.Sebutkan 5 cara untuk mengatasi pengangguran?
Kunci Jawaban
1. Empat macam pengangguran dilihat dari penyebabnya.
1)Pengangguran SiklusAdalah pengangguran yang disebabkan terjadinya siklus konjungtur negara yang mengalami resisi/depresi perekonomian yang menyebabkan penghentian atau pemecatan tenaga kerja.Contoh : turunnya permintaan radio menyebabkan pengangguran masal terhadap tenaga kerja diperusahaan radio.
2)Pengangguran TeknologiAdalah pengangguran yang disebabkan oleh penggunaan teknologi seperti mesin, alat-alat modern dan otomatis akan menggeser tenaga kerja manusia.Contoh : penggunaan mesin traktor disawah akan mengurangi permintaan pekerja disawah.
3)Pengangguran MusimanAdalah pengangguran yang ditimbulkan oleh perubahan musim.Contoh : Pekerja petani banyak menganggur pada musim kemarau karena mereka menunggu panen atau tidak bisa mengolah sawah dan akan mengolah sawah apabila musim hujan.
4)Pengangguran StrukturalAdalah pengangguran yang disebabkan oleh perubahan struktur ekonomi suatu bangsa.Contohnya : Negara Indonesia yang berbasis agraris berubah untuk menjadi industri, sehingga masih banyak pekerja yang belum menguasai kemajaun kerja dibidang industri.
2.Lima sebab-sebab terjadinya pengangguran.
- Penduduk relatif banyak sedangkan kesekpatan kerja/lapangan kerja relatif rendah 
- Pendidikan dan ketrampilan yang rendah
- Teknologi yang semakin maju yang belum terimbangi oleh kemampuan manusia 
- Pengusaha yang selalu ingin mengejar keuntungan dengan cara melakukan penghematan 
- Adanya lapangan kerja yang dipengaruhi oleh musim 
3. Lima solusi untuk mengatasi pengangguran 
a)Mendorong majunya pendidikan : Pendidikan yang berbasis pada pendidikan akhlak, moral, mental dan mendidik siswa untuk mempunyai pemikiran maju untuk penemuan teknologi tepat guna.
b)Meningkatkan latihan kerja : Untuk memenuhi kebutuhan ketrampilan seperti tuntutan industri modern agar para angkatan kerja siap dalam mengemban tugas pekerjaannya.
c)Meningkatkan dan mendorong kewiraswastaan : Untuk membina masyarakat yang produktif menciptakan produk,memanfaatkan potensi daerah dan menciptakan lapangan pekerjaan.
d)Mendorong terbukanya kesempatan usaha-usaha informal : Untuk membina masyarakat agar bisa memanfaatkan potensi daerah.
e)Meningkatkan usaha transmigasi : Memberikan kesempatan agar ada pemerataan penduduk yang diharapkan dapat memanfaatkan potensi sumber daya daerah transmigran.

0 komentar:

Poskan Komentar

Posting Lama ►
 

Pengunjung

Flag Counter

Copyright © 2012. Profesional Pendidik - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz