Sabtu, 15 Juni 2013

Soal Materi Kebijakan Moneter

Soal Uraian Kebijakan Moneter 
Soal Materi Kebijakan Moneter

Jawablah soal-soal berikut dengan benar!
1.Apa yang dimaksud dengan kebijakan moneter?
2.Sebutkan tujuan kebijakan moneter!
3.Jelaskan 5 macam kebijakan moneter!
4.Bagaimana perbedaan efek yang ditimbulkan jika bank sentral membeli obligasi kepada bank-bank umum dan kepada masyarakat?
5.Jelaskan dua cara yang dapat menyebabkan ketentuan cadangan wajib minimum akan mempengaruhi kemampuan penciptaan uang giral oleh sistem perbankan?
Jawaban Soal Kebijakan Moneter.
1.Kebijakan moneter adalah tindakan yang dilakukan oleh penguasa moneter (bank sentral) untuk mempengaruhi jumlah uang yang beredar dan kredit yang nantinya diharapkan mampu mempengaruhi kegiatan ekonomi masyarakat.
2.Empat tujuan kebijakan moneter antara lain:-Menjaga stabilitas ekonomi-Menjaga stabilitas harga-Meningkatkan kesempatan kerja-Perbaikan neraca pembayaran
3.5 macam kebijakan moneter.
a.Politik diskonto adalah tingkat bunga yang harus dibayar oleh bank umum atas pinjaman dari bank sentral.
b.Operasi pasar terbuka (OPT)adalah kebijakan yang dilakukan oleh Bank Sentral dengan menjual atau membeli surat-surat berharga baik milik pemerintah atau swasta.
c.Mengubah cash ratio yaitu angka perbandingan minimum antara uang tunai yang dimiliki oleh bank umum dengan jumlah uang giral, misalnya cek dan giro yang boleh dikeluarkan oleh bank yang bersangkutan.
d.Perubahan cadangan minimum yiatu dengan cara menurunkan atau menaikkan cadangan minimum yang harus dimiliki oleh bank umum.
e.Kebijakan Devaluasi dan Revaluasi 
Devaluasi adalah kebijakan bank sentral untuk menurunkan nilai mata uang dalam negeri (rupiah) terhadap mata uang asing.
Kebijakan revaluasi adalah kebijakan bank sentral menaikkan nilai mata uang dalam negeri (rupiah) terhadap mata uang asing.
f.Sanering adalah kebijakan bank sentral untuk memotong nilai mata uang dalam negeri (rupiah)
g.Menarik atau melebur uang lamah.Kebijakan kredit selektif yang ditujukan untuk mengawasi apakah kredit yang diberikan oleh bank umum sesuai dengan keinginan pemerintah ataukah tidak.
4.Perbedaan efek yang ditimbulkan jika bank sentral membeli obligasi kepada bank-bank umum dan kepada masyarakat.Yaitu Jika pembelian obligasi dilakukan oleh bank sentral dari bank umum maka transaksi tersebut akan menambah cadangan actual dan cadangan kelebihan sebesar nilai pembelian.Namun, jika pembelian obligasi itu dari masyarakat, maka tambahan cadangan aktual dan cadangan kelebihan dibank umum akan lebih kecil.
5. Dua cara perubahan ketentuan cadangan minimum:
-Pertama, cadangan wajib minimum mempengaruhi besarnya cadangan kelebihan yang dimiliki.
-Kedua, cadangan wajib minimum mengubah angka pengganda uang giral yang tercipta dengan memberikan pinjaman.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Pengunjung

Flag Counter

Copyright © 2012. Profesional Pendidik - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz